Balai Bahasa Medan Gelar Sayembara Cerpen Remaja

Balai Bahasa Medan (Pusat Bahasa) kembali menyelenggarakan Sayembara Penulisan Cerpen untuk Remaja Tingkat Provinsi Sumatera Utara 2008.

Ketua Panitia, Rehan Halilah Lubis SPd mengatakan, tujuan sayembara ini untuk memberi dorongan dan meningkatkan minat menulis di kalangan remaja, khususnya bidang sastra.

"Melalui sayembara ini para remaja diharapkan mampu membangkitkan daya cipta, daya karsa, daya kreativitas, dan menumbuhkan sikap positif dalam dirinya" ujarnya dalam siaran persnya yang diterima Global, Kamis (5/6) kemarin.

Peserta adalah siswa SLTP, SLTA, SMK, MA, mahasiswa dan masyarakat umum yang berusia antara 13 sampai 21 tahun (batas usia terakhir, masih berumur 21 tahun pada tahun 2008), dan berdomisili di wilayah Sumatera Utara. Peserta boleh memilih tema apa saja (bebas), asal tidak mengandung unsur pornografi, dan tidak berpotensi menimbulkan konflik yang berkaitan dengan SARA.

Persyaratan lainnya, karya harus asli (bukan saduran atau terjemahan), pendek belum pernah dipublikasikan di media cetak (buku, surat kabar atau majalah) dan tidak sedang diikutsertakan dalam lomba sejenis. Naskah dikirim dalam bentuk cetak di atas kertas HVS ukuran A4 dan ditulis dengan menggunakan huruf Times New Roman ukuran 12, dengan jarak 2 spasi, serta tidak bolak-balik. Panjang cerita pendek antara 6000-10. 000 karakter (atau sekitar 5-8 halaman). Setiap peserta hanya boleh mengirimkan 1 (satu) naskah dan menjadi milik panitia serta tidak akan dikembalikan.

Menurut Rehan, naskah cerita pendek dikirim sebanyak 3 rangkap dan dimasukkan ke dalam amplop, disertai biodata dan alamat lengkap (nomor telepon atau ponsel), fotokopi identitas diri (KTP) atau surat keterangan kepala sekolah (bagi siswa)/ surat keterangan dari pihak universitas (bagi mahasiswa). Naskah diantar langsung (setiap hari kerja, Senin-Jumat, pukul 08.00-16.30 WIB) kepada Panitia Sayembara Penulisan Cerita Pendek untuk Remaja Tingkat Sumatera Utara 2008, Balai Bahasa Medan, Jalan Kolam Ujung No. 7 Medan Estate, Medan, Telepon: (061) 7332076, 7355502.

Naskah cerita pendek dapat juga dikirim melalui pos ke alamat yang sama. Dan yang paling penting, naskah cerita pendek diterima panitia paling lambat tanggal 15 Juli 2008 (stempel pos).

Dia mengatakan, panitia menyediakan hadiah berupa bingkisan buku, piagam penghargaan, dan uang tunai untuk Pemenang I, II, III, IV dan V masing-masing Rp 3 juta, Rp 2,5 juta, Rp 2 juta, Rp 1,5 juta dan Rp 1juta.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar: